LIKE THIS dan dapatkan update info lowongan via timeline facebookmu!
×

Kamis, 15 Januari 2015

Lowongan Kerja BUMN Pertamina Gas

Lowongan Kerja BUMN Pertamina Gas (PERTAGAS)
PERTAGAS
Lowongan Kerja BUMN Pertamina Gas (PERTAGAS) -PT Pertamina Gas adalah perusahaan yang bergerak dalam sektor midstream dan downstream industri gas Indonesia. Perusahaan ini merupakan anak perusahaan PT Pertamina (Persero) dalam peran usaha niaga gas, transportasi gas, pemrosesan gas dan distribusi gas, serta bisnis lainnya yang terkait dengan gas alam dan produk turunannya. PT Pertamina Gas didirikan pada 23 Februari 2007. Pendirian tersebut untuk memenuhi ketentuan UU No. 22/2001 dan adanya peningkatan kebutuhan komoditas gas di Indonesia sebagai alternatif energi pengganti bahan bakar minyak yang ramah lingkungan. Sekaligus upaya ini akan memberikan nilai tambah pengusahaan gas.


Lowongan Kerja BUMN Pertamina Gas (PERTAGAS) - Kompetensi Pertamina dalam mengelola usaha gas selama 30 tahun mendorong untuk membentuk badan usaha tersendiri secara fokus dan profesional. Sumber daya dan aset serta jaringan bisnis yang ada menjadi andalan PT Pertamina Gasuntuk mengembangkan usaha dalam koridor nilai-nilai Good Corporate Governance.

PT Pertamina Gas mendapatkan dukungan usaha yang kuat dari induknya, PT Pertamina (Persero), dan dari afiliasi lainnya. Saling dukung antar anak perusahaan PT Pertamina (Persero) ini menghasilkan sinergi yang kokoh di bidang bisnis migas. Dalam hal niaga PT Pertamina Gas telah memiliki bekal sebesar 10,4 TCF di samping mengelola infrastruktur transmisi gas di Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Aceh dan Kalimantan Timur.

Kekuatan lainnya, PT Pertamina Gas memiliki captive market sebesar: 2.335 MMSCFD (committed volume : 1.405 MMSCFD) di Sumatera Bagian Utara (SBU), Sumatera Bagian Selatan (SBS) dan Jawa Bagian Barat (JBB). PT Pertamina Gas juga akan tetap memelihara iklim usaha dan situasi yang kondusif di bawah koordinasi BPMIGAS, BPHMIGAS sebagai regulator serta beberapa BUMN sebagai konsumen gas terbesar.

Peluang usaha PT Pertamina Gas ke depan sangat terbuka lebar dengan melihat bahwa pasokan gas saat ini sedemikian terbatas, uncommitted demand gas menginjak tahun 2007 sudah mencapai 250 BSCF per tahun di samping meningkatnya kebutuhan gas nasional hingga 45 persen di tahun terakhir. Sejalan dengan itu Pemerintah Indonesia pun telah membuat blue print jaringan pipa gas nasional yang disebut sebagai Integrated Indonesia Gas Pipeline, dengan salah satu ruasnya, Semarang-Gresik, akan dibangun oleh PT Pertamina Gas. Prospek bisnis produk turunan gas, petrokimia dan listrik juga sangat menjanjikan di tahun-tahun mendatang.

BISNIS PERTAGAS (PERTAMINA GAS)

A. Transportasi Gas

Berbekal penetapan Tarif dan Hak Khusus dari BPH Migas , PT Pertamina Gas melakukan kegiatan transportasi gas melalui 43 ruas pipa transmisi sepanjang 32.647,70 km inch yang tersebar di Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jawa Barat, jawa Timur, dan Kalimantan Timur. Untuk itu PTPertamina Gas sebagai operator akan membuat  pengaturan akses (access arrangement) bagi penggunaan bersama jaringan pipanya.

Pengaturan akses yang harus disetujui BPH MIGAS meliputi panduan manajemen serta aturan teknis dan hukum yang harus dipenuhi oleh shipper agar bisa memanfaatkan jaringan pipa tersebut. Perusahaan juga melakukan kegiatan transportasi minyak berdasar Izin Usaha Transportasi Minyak dari Ditjen Minyak dan Gas Bumi.

Saat ini PT Pertamina Gas tengah  mengembangkan pekerjaan terbesarnya di bidang transportasi gas yakni pembangunan pipa gas Semarang – Gresik 28” sepanjang 258 km. Melalui proyek Semarang – Gresik, diharapkan nantinya jalur pipa gas di pulau Jawa akan terkoneksi dan dengan demikian dapat menjadikan PT Pertamina Gas sebagai perusahaan gas terbesar di kelasnya.

B. Niaga Gas

Sebagai anak perusahaan PT Pertamina (Persero), PT Pertamina Gas terus berupaya mengembangkan tingkat penyediaan gas untuk konsumen. Salah satu pendorong perkembangan usaha penyediaan gas PT Pertamina Gas adalah dengan diterbitkannya Izin Usaha Niaga pada Oktober 2008 untuk PT Pertamina Gas oleh Direktorat Jenderal Migas dan Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Izin tersebut memungkinkan perusahaan untuk bergerak maju.

Berbekal dengan izin tersebut PT Pertamina Gas terus bergerak maju dengan berupaya menjaga tingkat penyediaan gas yang aman untuk konsumen maupun untuk memperluas pasar. Berbagai Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG) terus dilakukan dengan sejumlah kontraktor, yaitu Production Sharing Contract (PSC), Joint Operating Body (JOB), dan Technical Assistance Contract (TAC).

Eksisting kontrak niaga gas yang dimiliki oleh PT Pertamina Gas saat ini adalah sebesar 25 BBTUD yang dilakukan dengan dua perusahaan yakni PT  Pupuk Sriwidjaja dan PT Bayu Buana Gemilang dan pada tahun 2012 nilai tersebut akan meningkat menjadi 127 BBTUD.

C. Pemrosesan Gas

Selain bisnis transportasi gas dan niaga gas, pengembangan usaha PT Pertamina Gas di bidang pemrosesan gas terus diupayakan dengan plant pemrosesan gas melalui kerja sama dengan berbagai pihak. Salah satu upaya tersebut adalah rencana pembangunan proyek pembangkit Natural Gas Liquid (NGL) di Sumatera Selatan. Dalam proyek tersebut PT Pertamina Gas bekerja sama dengan Samtan dari Korea Selatan dengan membentuk perusahaan patungan yang bernama PT Perta-Samtan Gas. Proyek ini diprediksi akan onstream pada tahun 2012.

Proyek pemrosesan gas lainnya adalah pembangunan LPG Plant Pondok tengah di Bekasi yang telah beroperasi sejak bulan Maret 2011 dan telah memproduksi LPG sebanyak 51 Ton/Hari di tahun 2011. Dalam mengembangkan proyek ini PT Pertamina Gas bekerja sama dengan PT MME dan BUMD dimana pembangunan LPG Plant tersebut menggunakan skema bisnis BOO dengan PT Yudistira Energy. Proyek ini diprediksi onstream pada Januari 2011.

D. Transportasi Minyak

Pipa minyak Tempino –Plaju dilaksanakan dengan tujuan untuk menggantikan pipa eksisting yang telah berumur lebih dari 70 tahun. Selain itu juga bertujuan umtuk mengamankan pasokan minyak (feed) ke Kilang RU III dimana pengangkutan minyak melalui pipa adalah moda transportasi terbaik baik dari segi efektifitas, biaya maupun HSE dan aspek sosial. 

Volume Minyak : 20 .000 BOPD
Umur Produksi : 10 tahun
Panjang Pipa : 267 km
Besar Pipa : 6 inchi dan 8 inchi
Lokasi : meliputi segmen Tempino – Ramba, yaitu mulai dari KM 265 sampai dengan KM 3
On Stream : 2012

E. Bisnis Lain

Bisnis lain PT Pertamina Gas adalah:

  • Pengembangan LNG Receiving Terminal. Pada proyek yang dikerjakan oleh PT Pertamina (Persero) ini PT Pertamina Gas merupakan salah satu anggota tim.
  • Pembangunan CNG Marine.
  • Pembangunan Independent Power Producer (IPP) di Area Operasi Pertamina EP yang bekerja sama dengan pihak lain yaitu diantaranya, Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMN).

Visi dan Misi BUMN Pertamina Gas (PERTAGAS)

Visi

2015     Perusahaan Gas Nasional Berkelas Dunia
2020     Tampil sebagai Perusahaan Bisnis Gas Internasional

Misi

Kami adalah perusahaan yang bergerak di bidang transportasi hidrokarbon, niaga, pemrosesan dan distribusi gas, yang dikelola secara profesional dengan tujuan memberikan nilai tambah kepada para stakeholder, berwawasan lingkungan, mempunyai keunggulan dan mengutamakan keselamatan.

Sumber : http://www.pertagas.pertamina.com/

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Like fanpage FB kami, dan dapatkan update Info Lowker